Pada blog kali ini akan menjelaskan penggunaan aplikasi manajemen basis data yaitu Microsoft Access. Basis data (bahasa Inggris: database) adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
Membuat Tabel
Pertama buka Ms. Access, Ms. Access yang saya gunakan disini adalah Ms. Access 2010. Kemudian pilih blank database, ketik nama basis data yg diinginkan di File Name, kemudian klik create.
![Screenshot (76)](https://fathiya12.wordpress.com/wp-content/uploads/2018/04/screenshot-76.png?w=825)
![Screenshot (77)](https://fathiya12.wordpress.com/wp-content/uploads/2018/04/screenshot-77.png?w=825)
![Screenshot (79)](https://fathiya12.wordpress.com/wp-content/uploads/2018/04/screenshot-79.png?w=825)
Kemudian akan muncul tampilan dimana kita bisa mengatur konten pada tabel. Kita bisa memberi nama field dan menentukan tipe datanya. Untuk mengatur ukuran field dapat ditulis pada bagian Field Size. Setelah selesai, klik kanan pada nama tabel tersebut kemudian pilih Save.
Kemudian klik kanan pada daftar nama tabel yang ada disamping kanan, pilih Open
Maka akan muncul tampilan seperti di bawah
Kemudian data-data dapat diisi sesuai kolom yang diseediakan. Pada contoh dibawah saya membuat 4 tabel yaitu Mahasiswa, Departemen, Fakultas, dan Pembimbing.
Membuat Relasi Antar Tabel
Pilih menu Database Tools> Relationships
Kemudian muncul tampilan seperti gambar di bawah, klik Add pada setiap tabel yang diinginkan untuk dibuat relasi
Untuk membuat relasi antar tabel pilih menu Design > Edit relationships. Pada jendela yang muncul klik Create New
Pilih Tabel dan Kolom yang memiliki relasi, lakukan terus hingga semua tabel sudah memiliki relasi masing-masing.
Hasilnya akan terlihat garis-garis yang menghubungkan antar tabel seperti pada gambar
Membuat Form
Pilih tabel yg diinginkan, klik menu Create> Form Wizard
Pilih atribut yang diinginkan kemudian klik Next hingga Finish
Hasil Form nya akan muncul seperti gambar di bawah
Membuat Report
Pilih menu Create> Report Wizard
Pilih atribut yang diinginkan kemudian klik Next hingga Finish
Hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini
Membuat Query
Pilih menu Create> Query Design
Kemudian pada pilih menu Design> View> SQL View
Contoh penggunaan SQL untuk menampilkan daftar nama dari table Mahasiswa, ketik tulisan seperti gambar di bawah
Pilih kembali menu View lalu pilih Datasheet View, maka akan muncul tampilan seperti di bawah
Contoh lainnya penggunaan SQL untuk menampilkan semua kolom dari table Mahasiswa, kembalikan tampilan menggunakan SQL vie lagi dan tulis seperti gambar di bawah
Pilih kembali menu View lalu pilih Datasheet View, maka akan muncul tampilan seperti di bawah
Itu dia dasar-dasar menggunakan Microsof Access 2010, semoga bermanfaat!