[Tugas 8 Penkom] Aplikasi Manajemen Basis Data

Image result for microsoft access 2010 logoPada blog kali ini akan menjelaskan penggunaan aplikasi manajemen basis data yaitu Microsoft Access. Basis data (bahasa Inggris: database) adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

Untuk membuat relationship atau relasi antar tabel pada basis data, maka masing masing tabel harus  memiliki primary key dan foreign key yang dapat menghubungkan antara tabel induk dengan tabel anak.
Primary key adalah suatu atribut yang tidak hanya mengidentifikasi secara unik suatu kejadian tetapi juga mewakili setiap kejadian dari suatu entitas. Sedangkan Foreign key adalah atribut yang melengkapi relationship dan menunjukkan hubungan antara tabel induk dengan tabel anak. Foreign key ditempatkan pada tabel anak.

Membuat Tabel

Pertama buka Ms. Access, Ms. Access yang saya gunakan disini adalah Ms. Access 2010. Kemudian pilih blank database, ketik nama basis data yg diinginkan di File Name, kemudian klik create.

 

Screenshot (76)
Untuk membuat tablel, pilih menu Create>Table
Screenshot (77)
Untuk pengaturan konten pada table klik kanan pada table yg diinginkan, pilih design view, ubah nama table sesuai yg diinginkan.
Screenshot (79)

 

Screenshot (80)

Kemudian akan muncul tampilan dimana kita bisa mengatur konten pada tabel. Kita bisa memberi nama field dan menentukan tipe datanya. Untuk mengatur ukuran field dapat ditulis pada bagian Field Size. Setelah selesai, klik kanan pada nama tabel tersebut kemudian pilih Save.

Screenshot (81)

Kemudian klik kanan pada daftar nama tabel yang ada disamping kanan, pilih Open

Screenshot (82)

Maka akan muncul tampilan seperti di bawah

Screenshot (83)

Kemudian data-data dapat diisi sesuai kolom yang diseediakan. Pada contoh dibawah saya membuat 4 tabel yaitu Mahasiswa, Departemen, Fakultas, dan Pembimbing.


Membuat Relasi Antar Tabel

Pilih menu Database Tools> Relationships

Screenshot (84)

Kemudian muncul tampilan seperti gambar di bawah, klik Add pada setiap tabel yang diinginkan untuk dibuat relasi

Screenshot (85)

Untuk membuat relasi antar tabel pilih menu Design > Edit relationships. Pada jendela yang muncul klik Create New

Screenshot (86)

Pilih Tabel dan Kolom yang memiliki relasi, lakukan terus hingga semua tabel sudah memiliki relasi masing-masing.

Screenshot (87)

Hasilnya akan terlihat garis-garis yang menghubungkan antar tabel seperti pada gambar

Screenshot (88)


Membuat Form

Pilih tabel yg diinginkan, klik menu Create> Form Wizard

Screenshot (89)

Pilih atribut yang diinginkan kemudian klik Next hingga Finish

Screenshot (91)Screenshot (94)

Hasil Form nya akan muncul seperti gambar di bawah

Screenshot (95)


Membuat Report

Pilih menu Create> Report Wizard

Screenshot (96)

Pilih atribut yang diinginkan kemudian klik Next hingga Finish

Screenshot (98)Screenshot (99)

Hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini

Screenshot (100)


Membuat Query

Query adalah permintaan yang diberikan oleh user untuk mengambil informasi yang tersimpan dalam database. Fungsi dari Query adalah untuk menyaring dan menampilkan data dari berbagai criteria dan urutan yang kita kehendaki.

Pilih menu Create> Query Design

Screenshot (101)

Kemudian pada pilih menu Design> View> SQL View

Screenshot (102)

Contoh penggunaan SQL untuk menampilkan daftar nama dari table Mahasiswa, ketik tulisan seperti gambar di bawah

Screenshot (107)

Pilih kembali menu View lalu pilih Datasheet View, maka akan muncul tampilan seperti di bawah

Screenshot (108)

Contoh lainnya penggunaan SQL untuk menampilkan semua kolom dari table Mahasiswa, kembalikan tampilan menggunakan SQL vie lagi dan tulis seperti gambar di bawah

Screenshot (109)

Pilih kembali menu View lalu pilih Datasheet View, maka akan muncul tampilan seperti di bawah

Screenshot (110)

Itu dia dasar-dasar menggunakan Microsof Access 2010, semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar